Konsep Reduksi pada NumPy Array

Tulisan ini adalah seri terakhir pengenalan konsep NumPy array yang disarikan dari artikel di Jurnal Nature. Konsep yang terakhir yang dibahas adalah reduksi yang beroperasi pada fungsi-fungsi statistika array seperti jumlahan (sum), nilai rata-rata(mean), minimum, dan maksimum. Konsep 'reduksi' mereduksi dimensi numpy array, misal jika array 3-d (3 dimensi) akan menjadi 2-d, array 2-d menjadi 1-d, array 1-d menjadi 0-d alias skalar. Untuk lebih mudah memahaminya, lihat gambar dan screencast di bawah ini.

Sebagai contoh, kita memiliki matrik 2-d dengan ukuran (4, 3) seperti di atas. Jika dilakukan proses penjumlahan antar elemen (bisa secara mendatar -- baris, atau vertikal -- kolom), maka matrik 2-d tersebut menjadi 1-d. Jika hasil penjumlahan tadi (1-d) dijumlah lagi maka menjadi matrik 0-d atau skalar, seperti terlihat di bagian pojok kanan bawah gambar di atas. Untuk contoh dengan matrik 3-d silahkan lihat screencast di bawah ini.



 

Penutup

Konsep terakhir NuMpy ini, reduksi, cukup sederhana. Agregasi elemen array dari matrik berukuran N-d akan menghasilkan (N-1)-d. Untuk operasi tingkat lanjut, N-d akan menjadi (N-x)-d dimana x adalah dimensi aksis operasi matematika/statistika yang dilakukan. Selain konsep-konsep dasar yang dijelaskan pada seri tulisan NuMpy ini, konsep lainnya adalah:  searching, sorting, counting data, reading files, dan writing files. Konsep-konsep tersebut mungkin juga akan dijelaskan secara sederhana kedepannya di SainsHack ini. Memahami satu konsep dalam satu waktu akan memudahkan belajar daripada banyak konsep sekaligus.

 

Referensi:

[1]  C. R. Harris et al., “Array Programming with NumPy,” Nature, vol. 585, no. September, pp. 357–362, 2020.

Avatar

Bagus Tris Atmaja

Menyelesaikan sarjana (2009) dan magister (2012) di Teknik Fisika ITS. Gelar PhD diperoleh di bidang "Information Science" dari Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST). Saat ini bekerja sebagai peneliti di Artificial Intelligence Research Center, AIST Tsukuba.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*