Kata hacking, atau meretas dalam bahasa Indonesia, adalah aktivitas membuka atau membobol sesuatu untuk membuka jalan atau memperoleh otoritas. SainsHack hadir sebagai media komunikasi sains populer yang bertujuan membuka tabir ilmu pengetahuan dan teknologi yang kebanyakan hadir dalam dalam bahasa yang hanya dapat dipahami oleh khalayak terbatas. Melalui penyampaian dalam bahasa populer, SainsHack adalah tempat di mana sains “diretas” dan dihadirkan dalam bentuk yang dapat diterima oleh semua kalangan. Meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat akan perkembangan dan pengembangan sains dan teknologi adalah salah satu misi hadirnya SainsHack. Diskusi sains yang dihadirkan di SainsHack adalah usaha SainsHack untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat luas terhadap bidang sains dan membudayakan diskusi ilmiah yang langka di masyarakat Indonesia.

 

Pertanyaan yang sering diajukan/FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa itu SainsHack?
SainsHack adalah sebuah media informasi yang menyajikan sains dan teknologi beserta perkembangannya dengan gaya bahasa populer. SainsHack hadir untuk mengomunikasikan sains dan teknologi beserta perkembangannya kepada khalayak umum.

Apakah Keuntungan dari kontribusi dalam SainsHack?
Tidak ada keuntungan secara finansial dengan berbagi di SainsHack karena SainsHack dibentuk atas dasar kesukarelaan dan tujuan non-komersial. Dengan berkontribusi di SainsHack kita bisa membantu peningkatan angka melek sains dan teknologi dan membantu membuka wawasan masyarakat akan pentingnya sains dan teknologi. Harapan kami akan semakin banyak masyarakat yang peduli dan berpartisipasi dalam penyebarluasan dan pengembangan sains dan teknologi.

Apa saja yang dapat saya kontribusikan untuk SainsHack?
Artikel sains dan teknologi, berita terkini perkembangan sains dan teknologi, ulasan/review penelitian ilmiah terkini, panduan eksperimen sederhana, penjelasan cara kerja suatu alat/perangkat teknologi, ide-ide inovasi teknologi yang tidak biasa dan diskusi sains dan teknologi.

Bagaimana menjadi kontributor dalam SainsHack?
Cukup dengan mengirimkan artikel/ilustrasi/komik/artwork kepada kami melalui redaksi[at]sainshack.com, anda sudah dapat berpartisipasi aktif di SainsHack. Artikel yang dikirimkan ke SainsHack akan ditinjau dan disunting seperlunya untuk kemudian dapat diterbitkan di laman sainshack.com

Apa aturan dalam penulisan untuk artikel SainsHack?
Pada dasarnya artikel yang ditampilkan di SainsHack khususnya kategori Sains, Teknologi dan Riset adalah artikel yang memenuhi kaidah penulisan ilmiah dan ditulis dengan gaya bahasa populer. Lebih detail tentang panduan penulisan artikel dapat dlihat di sini.

Apakah saya dapat menyalin, membagi dan mendistribusikan konten (artikel dan gambar) yang ada di SainsHack?
Ya, anda dapat menyalini, membagikan, mendistribusikan bahkan mengadaptasi konten yang ada di SainsHack asalkan memberikan kredit (atribusi) dan menyebutkan sumber SainsHack (memberikan keterangan apabila ada hal yang diubah) dan tidak memanfaatkannya untuk tujuan komersial. Seluruh konten di SainsHack berlisensi Creative Commons (CC BY-NC 4.0),  kecuali konten yang diberi keterangan selain lisensi tersebut.

 

Tim SainsHack

dwi

Dwi Prananto - Pemimpin Redaksi
Menyelesaikan studi Sarjana Teknik Fisika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun 2010, Master bidang Fisika Material Terkondensasi di Tohoku University tahun 2013, dan PhD bidang Ilmu Material di Japan Advanced Institute of Science and Technology tahun 2019. Saat ini bekerja sebagai staf peneliti di Niigata University, Jepang. Twitter: @dprananto, Blog: Simpliphy.

bagus

Bagus Tris Atmaja - Editor Eksekutif
Lulusan Teknik Fisika ITS tahun 2009 (bachelor) dan 2012 (master). Mendapatkan gelar PhD pada bidang information science di Japan Advanced Institute of Science and Technology, Jepang. Saat ini bekerja sebagai peneliti di Artificial Intelligence Research Center, AIST Tsukuba, Jepang. Twitter: @btatmaja, Blog: bagustris@/home

budiman

Budiman Putra - Pengembang, Pengarah Kreatif
Menyelesaikan program sarjana di Teknik Fisika, ITS (2009), M.Eng dan Ph.D bidang Human and Environmental Informatics di Kumamoto University, Jepang (2018 dan 2021). Sejak 2015 aktif di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Twitter: @giganggu.